Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas: 7 Trik untuk Menipu Mata

Denice Stewart 0

Beberapa kamar mungkin terasa sempit dan tidak nyaman jika luasnya rendah. Itulah mengapa, saat melengkapi ruang kecil, semuanya diperhitungkan. Dengan beberapa trik cerdas yang terinspirasi dari desain interior, Anda dapat mempelajari cara membuat ruangan terlihat lebih besar. Teknik warna, penataan furnitur, penempatan cermin, dan desain pencahayaan yang kreatif dapat menipu mata dan membuat interior tampak jauh lebih luas daripada yang sebenarnya. Perlu menambahkan sedikit pizza ke ruang kecil? Berikut tips dari kami. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam mendekorasi ruangan.

Cara membuat ruangan terlihat lebih besar: 7 tips mudah

 

Penataan Furnitur

1. Gunakan warna kontras dan terang yang membuat ruangan terlihat lebih besar

Berikut cara membuat ruangan terlihat lebih besar dengan warna. (Petunjuk: Ini adalah ilusi optik.) Di dunia desain, diketahui bahwa warna cat terang membuat ruangan terlihat lebih besar dan cerah. Dinding yang terang lebih reflektif, membuat ruangan terasa terbuka dan lapang, yang membantu memaksimalkan efek cahaya alami. Nuansa gelap cenderung menyerap cahaya, membuat ruangan terasa lebih kecil. Dinding aksen untuk membuat ruangan terlihat lebih besar adalah cara lain untuk melakukannya. Aksen pada dinding menambah ruang lebih dekoratif tanpa terlihat terlalu mencolok.

Lantas, warna apa yang membuat sebuah ruangan terlihat lebih besar? Untuk efek optimal, pilih warna lembut seperti putih, biru muda, dan hijau, dan selalu ingat bahwa ruangan yang lebih cerah terasa lebih besar dan menarik. Dan ini trik lainnya: Coba buat hiasan dan foto dinding Anda dengan warna yang lebih terang. Dengan begitu, dinding akan tampak lebih jauh ke belakang, membuat ruang tamu Anda tampak lebih besar.

Membuat Ruangan tampak Lebih Luas

2. Buat ruang Anda sedikit terbuka dengan pencahayaan yang kreatif

Cahaya alami membuka interior ruangan mana pun dan membuatnya terlihat lebih besar. Itu bagus jika Anda memiliki cahaya alami. Namun, jika tidak, jangan berkecil hati. Tambahkan beberapa efek kreatif menggunakan perlengkapan pencahayaan. Anda akan kagum melihat bagaimana penambahan kecil tersebut dapat membuat perbedaan besar.

Jika Anda memiliki akses ke cahaya alami, membuatnya masuk kedalam rumah melalui jendela besar akan langsung menghubungkan ruangan dengan alam terbuka. Gunakan penutup jendela yang tipis, atau tarik ke belakang sepenuhnya, untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Jika pemandangannya buruk, letakkan tanaman atau bunga di dekat jendela dan gunakan lampu untuk mencerahkan ruang.

Cara Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar

3. Hindarkan ruangan Anda dari kekacauan

Jaga agar ruangan Anda tetap rapi dan teratur. Tidak hanya itu akan memicu lebih banyak kegembiraan, tetapi tidak ada yang membuat ruang kecil terasa lebih sempit daripada terlalu banyak barang. Dengan segala sesuatunya tertata rapi atau tidak terlihat maka ruang yang kita tempati akan terasa lebih teratur dan terbuka.

Nuansa minimalis juga berlaku untuk dinding Anda. Jangan menutupi dinding Anda dengan banyak gambar. Satu lukisan besar akan tampak lebih baik daripada sekelompok lukisan kecil saat Anda memikirkan tentang cara membuat ruangan terlihat lebih besar.

Dan usahakan untuk menjaga lantai terlihat sejelas mungkin. Singkirkan karpet permadani besar untuk menciptakan ilusi ruang lantai yang lebih luas.

Dekorasi Interior

4. Buat titik fokus atau titik pusat ruangan

Pelajari cara membuat ruangan terlihat lebih besar melalui titik fokus yang sudah mapan – satu area atau fitur yang akan menarik perhatian mata. Di ruang makan, itu mungkin meja. Di kamar tidur, itu mungkin adalah tempat tidur. Jadikan titik fokus itu sebagai primadona ruangan. Atur furnitur sehingga fokus ditarik ke area tersebut, dan pertahankan minimalisasi dekorasi di bagian ruangan lainnya (batasi jumlah aksesori).

Cermin untuk Membuat Ruangan Lebih Luas

5. Gunakan cermin

Jika Anda pernah bertanya-tanya, “Apakah cermin membuat ruangan terlihat lebih besar?” jawabannya pasti, “Ya.” Cermin bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih besar dan lebih terbuka. Gunakan titik fokus dan arahkan cermin Anda ke arahnya untuk memberikan ilusi kedalaman. Cermin juga memantulkan cahaya alami dan buatan untuk membuat ruangan lebih terang di siang dan malam hari. Menempatkan cermin di dekat jendela untuk memantulkan cahaya dari luar sangatlah efektif.

Kaca pada dinding dan atasan meja kaca juga akan memberikan nuansa ruangan yang lebih terbuka, atau gunakan pintu lemari bercermin. Pernahkah Anda mempertimbangkan cermin di lantai? Itu cara cerdas lainnya untuk membuat ruangan terlihat lebih besar.

Dekorasi dapur

6. Berkreasilah dengan furnitur

Menggunakan furnitur yang tepat adalah kunci utama untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Salah satunya, gunakan furnitur multifungsi, seperti peti yang bisa digunakan sebagai meja kopi, sofa bed, atau tempat tidur dengan laci penyimpanan. Meja makan yang dapat diperbesar, meja lipat, dan meja bersarang, yang dapat disimpan saat Anda tidak membutuhkannya, juga merupakan pilihan yang baik.

Ingatlah bahwa furnitur yang tinggi dan besar dapat menghabiskan ruang yang berharga. Pilih sofa dan kursi dengan lengan terbuka dan kaki terbuka. Ini memungkinkan cahaya menyaring bagian bawah furnitur sehingga membuat ruangan tampak lebih cerah.

Membuat Ruangan Lebih Luas

7. Maksimalkan penataan kamar Anda

Ubah skala furnitur Anda agar sesuai dengan ukuran ruangan. Tempatkan perabot yang lebih besar di dinding untuk memaksimalkan ruang terbuka dan membuat ruangan terlihat lebih besar. Selain itu, jangan memblokir jalur. Jika furnitur dan aksesori menghalangi pandangan ke sebuah ruangan, maka akan terlihat sempit.

Garis lurus terpanjang di ruangan mana pun adalah diagonal. Saat Anda menempatkan furnitur pada suatu sudut, hal itu mengarahkan mata ke dinding yang lebih panjang. Bonus: Anda juga bisa menggunakan ruang penyimpanan tambahan di belakangnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *